Selasa, 10 April 2012

resensi? aku punya :)


KUPAS TUNTAS FISIKA SMA
Judul buku      : Rumus Saku Fisika SMA
Penulis             : Supadi, S.Si, M.Si
                          R. Maas Shobirin, S.Si
                          Dewi Rossalia, S.Si
Penerbit           : PT Kawan Pustaka
Jumlah halaman: 378 halaman
Tahun terbit     : 2011
Jenis kertas      : HVS
Harga              : Rp32.500,00
Nomor ISBN  : 979-757-439-3

Fisika? Siapa takut? Itu jawaban yang paling tepat ketika ditanya tentang mata pelajaran Fisika, karena Fisika itu sebenarnya tidak sulit ataupun susah dipahami. Tapi kenyataannya, Fisika adalah mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh para siswa di seluruh Nusantara. Hanya pola pikir dan anggapan yang salah membuat pelajaran Fisika sulit untuk dipahami.
Buku kecil ini menjelaskan berbagai konsep pemahaman dan rumus cepat Fisika untuk SMA kelas 1, 2, dan 3. Buku ini dilengkapi dengan contoh soal disertai dengan pembahasan sehingga siswa lebih cepat memahami, dan dilengkapi juga dengan adanya indeks yang dapat membantu siswa belajar Fisika dengan cara yang mudah. Buku Rumus Saku Fisika SMA ini hadir untuk mengubah pola pikir yang salah tentang pelajaran Fisika sehingga pelajaran Fisika tidak lagi dianggap sulit oleh para siswa. Buku ini juga mengandung MISI untuk menghidupkan potensi para siswa agar benar-benar mampu menguasai pelajaran Fisika dan mampu bersaing secara sehat dengan siswa lain di seluruh dunia.
Buku bersampul kuning ini terdiri dari 378 halaman dan terdapat 12 bab yang mencangkup seluruh materi Fisika SMA kelas 1, 2, dan 3. Bab I membahas mengenai besaran dan Vektor yang terdapat pada halaman 1, Bab II membahas mengenai Kinematika Gerak Lurus yang terdapat pada halaman 27, bab III tertulis pada halaman 65 mengenai Gerak dan Gaya, bab IV tertulis pada halaman 97 yang mengupas tuntas mengenai Usaha dan Energi, bab V membahas tentang Momentum dan Impuls yang terdapat pada halaman 111, bab VI membahas tentang Rotasi benda Tegar pada halaman 127, Fluida dibahas pada bab VII di halaman 155, Suhu dan Kalor dibahas pada bab VIII di halaman 183, bab IX mengupas tuntas mengenai Getaran, Gelombang dan Bunyi pada halaman 217, bab X di halaman 249 membahas tentang Optika, dan pada bab XI membahas tentang Listrik dan Magnet pada halaman 283. Di bab terakhir buku ini terdapat pada halaman 351 yang membahas tentang Fisika Modern yaitu mengenai aplikasi dan penerapan mata pelajaran Fisika di era global seperti sekarang ini sehingga para siswa diharapkan dapat termotivasi untuk menciptakan hal-hal yang baru berdasarkan konsep-konsep cerdas mata pelajaran Fisika yang telah dikuasai.
Di dalam buku ini, penulis tidak menggunakan kalimat yang bertele-tele melainkan menggunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas dalam menerangkan materi Fisika sehingga mudah dimengerti dan dipahami. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang santun, baik dan benar. Gaya penulis menuangkan idenya adalah dengan gaya bercerita, itu dilihat dari tulisan penulis yang menjelaskan sesuatu dengan contoh. Hal ini mempermudah para siswa memahami suatu pembahasan.
Dengan melakukan pendekatan-pendekatan yang terdapat buku ini menjadi kelebihan tersendiri, termasuk mengenai ukuran buku ini yang pas di saku sangat membantu siswa belajar Fisika dimana saja dan kapan saja, serta dilengkapi dengan adanya indeks yang mempermudah siswa belajar Fisika. Namun, terdapat kekurangan pada buku ini yaitu cetakannya yang berwarna hitam putih. Hal ini dapat mengurangi minat para siswa untuk membaca buku ini.
Dibandingkan dengan buku lainnya buku ini lebih mudah dimengerti dan bagi para siswa yang ingin mengaplikasikan pelajaran Fisika modern, buku ini sangat membantu siswa memahami aplikasi dalam Fisika.
Buku ini berguna bagi siapa saja terutama bagi para pelajar SMA yang ingin mengupas tuntas pelajaran Fisika, karena terdapat contoh disertai dengan pembahasan yang mudah dimengerti dan dipahami. Buku ini juga cocok untuk para pembaca lain yang ingin belajar aplikasi dalam pelajaran Fisika di era modern, karena di bab terakhir telah dibahas tuntas tentang Fisika Modern.
Jadi, walaupun hanya mempelajari mata pelajaran Fisika lewat buku sekecil ini, ternyata besar sekali manfaatnya. Selain para pembaca dapat mengetahui rumus- rumus cepat Fisika, mengupas tuntas permasalahan pelajaran Fisika, para pembaca juga dapat mengaplikasikan pelajaran Fisika modern di era global seperti sekarang ini sehingga para pembaca mau dan mampu bersaing dengan pelajar lain di seluruh dunia.

Nandia Enggar Nugraheni, pecinta buku sejati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar